21 Maret 2010

Hamtaro/Hamster Galak Jadi Primadona


Pernah nonton film kartun Hamtaro? Hewan lucu nan menggemaskan ini memang selalu menjadi incaran anak-anak untuk dijadikan binatang peliharaan. Hal itu terbukti ketika Jurnal Bogor menyambangi Unique Pet Shop di Basement Pintu Lili Botani Square. Terlihat seorang ibu dan dua orang anaknya tengah asik memilih hamster mana yang akan mereka jadikan anggota keluarga baru.

Yah, hewan yang termasuk dalam jenis marmut ini memang cocok dijadikan sahabat anak, apalagi bagi orangtua yang mau mengajarkan si buah hati bagaimana memelihara binatang. Hamster merupakan pilihan tepat, mengingat sifatnya cukup jinak. “Di Unique Pet Shop, kami menyediakan lima jenis hamster impor, yaitu Mini Roborovski, Campbell, Panda, Winter White, dan Winter Golden,” papar Supervisor Unique Pet Shop Legirina yang ditemani karyawannya Dewi Ratnasari kepada Jurnal Bogor, kemarin.
Menurut Legi, sapaan akrab Legirina, hamster yang dimiliki Unique Pet Shop ini diimpor dari Jepang maupun Australia. Harga yang ditawarkan pun berbeda-beda, untuk Mini Roborovski dipatok harga Rp 175.000 satu ekornya, Campbell Rp 35.000, Panda Rp 50.000, Winter White Rp 100.000, dan Winter Golden Rp 150.000.

Oh iya, bagi Anda yang baru pertama kali atau mau memulai memelihara hamster, Legi menyarankan untuk tidak memilih hamster Campbell karena dia penyan dang gelar hamster tergalak saat ini. Meskipun begitu, tipe ini malah diminati banyak orang dibanding si jinak Roborovski yang berasal dari Jepang. “Dia memang mempunyai karakter yang cukup menonjol dari hamster lainnya. Tapi kalau menurut saya, kegalakannya ini dikarenakan sifat “berani” dari hamster Campbell itu sendiri dan merupakan satu upaya perlindungan dirinya jika merasa terancam,” jelasnya.
Biarpun begitu, lanjut Legirina, hamster Campbell ini mempunyai kelebihan, yaitu memiliki banyak variasi warna dan tipe seekor hamster. Selain itu, Anda juga akan sedikit tertantang untuk menjinakkan hamster-hamster Campbell yang selama ini terkenal galak. “Cara menjinakkannya tidak terlalu sulit. Modal utamanya adalah keberanian untuk memegang dan membelainya sesering mungkin. Dengan ia mengenali bau tangan pemelihara, maka ia lebih cepat jinak,” kata Legi.
Nominasi kedua yang disukai setelah jenis Campbell ialah hamster Roborovski. Uniknya dari hamster jenis ini, tubuhnya tidak akan besar seperti hamster lainnya, paling panjangnya tidak lebih dari 5 cm. Maka tak heran, predikat mini Roborovski pun patut disandangnya.
Tak hanya itu, hamster jenis ini termasuk cantik karena memiliki sepasang eye shadow berwarna putih di atas matanya dan warna si bulu tidak akan pernah berubah sampai kapanpun. “Mini Roborovski ini cukup lincah dan sulit sekali dipegang. Dia termasuk hamster paling aktif dibanding lainnya, sehingga mudah mengenalinya,” ujar Legi.
Perawatan-perawatan hamster ini tidaklah sulit asalkan pemelihara tahu bagaimana caranya. Yang utama menurut Legi adalah kandang. Minimal ukurannya 35 x 40 cm untuk seekor hamster. Jika pemelihara menggunakan akuarium, usahakan bagian atasnya ditutup untuk mencegah hamster kabur atau binatang lain masuk ke dalam dan melahap si hamster. Namun bagi yang ingin menggunakan kandang berjeruji, perhatikan antar jarak jeruji.
“Hamster itu bisa mengecilkan tubuhnya menjadi pipih dan kemudian menggembungkannya lagi. Nah, elastisitas hamster ini patut dipertimbangkan,” sarannya.
Setelah itu, perhatikan makanannya. Meskipun sudah disediakan makanan hamster terbaik impor buatan pabrik, namun tak ada salahnya bila pemelihara lebih cermat lagi dalam memilih mana makanan impor yang baik. Terkadang beberapa makanan impor mengandung terlalu banyak bahan pewarna, terlalu banyak biji bunga matahari atau bahan-bahan lainnya yang bisa merugikan hamster itu sendiri.

(sumber: jurnalbogor.com)

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

my yahoo 1

my yahoo 2

Contact online

 

Hamster Dan Kucing Persia Murah Surabaya. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com